Cara Menanam Buah Melon Secara Tepat dan Benar

Cara menanam buah melon – Buah melon dalam Bahasa ilmiahnya dikenal dengan sebutan Cucumis melo L.  Tanaman melon ini termasuk kedalam kelompok suku labu-labuan (Cucurbitaceae ). Selain itu buah melon ini juga dijuluki sebagai tanaman yang menjalar dan merambat.

Awal kemunculan tanaman melon ini berasal dari dataran Persia, kemudian berkembang di beberapa wilayah meliputi Eropa, Amerika, Timur Tengah, Asia termasuk di Indonesia.

Perlu anda ketahui pusat produksi buah melon sudah tersebar dibeberapa daerah di Indonesia yaitu meliputi di Jawa Barat (Cisarua Bogor), Kalianda Lampung, Jawa Timur (Ngawi, Madiun, Ponorogo), dan Jawa Tengah ( Klaten, Sragen, Karanganyar, Boyolali).

Buah melon ini baik untuk dikonsumsi setiap hari karena didalamnya terkandung gizi seperti fosfor, vitamin, serat, air, potassium dan karbohidrat, sehingga dapat menjaga kesehatan tubah dan membantu menyembuhkan penyakit.

Selain itu buah ini terkenal akan antioksidan pencegah penuaan dini, mencegah kanker sebab buah ini terdapat karotenoid dan untuk mengatasi serangan jantung. Bagi anda yang ingin merencanakan program diet, maka buah ini sangat cocok untuk anda konsumsi.

Kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap buah melon sangat besar sekali, apalagi saat menjelang bulan Ramadhan, permintaan konsumen sangat tinggi dan harganya pun melojak drastis. Namun hal itu dapat kita cegah dengan cara membudidayakan buah melon ini dirumah sendiri atau lahan.

Akan tetapi bagi anda yang tak memiliki lahan yang luas, anda dapat menerapkan penanaman buah melon dengan media polybag atau pot. Menurut saya, apabila anda mengiginkan produksi buah melon lebih besar maka sebaiknya menggunakan media lokasi lahan saja.

Berikut ini saya sampai sebuah artikel mengenai bagaimana cara menanam buah melon dengan menggunakan media lahan dari tahap persiapan benih hingga proses pemanenan. Penasaran? Yuk langsung saja simak ulasan dibawah ini :

Syarat Tumbuh Buah Melon

Sebelum mengetahui bagaimana cara menanam buah melon, alangkah baiknya terlebih dahulu kita memahami syarat tumbuh dari buah melon ini. Mari simak ulasan selengkapnya sebagai berikut :

  • Pastikan lokasi lahan tanam anda terhindar dari jondisi dan situasi angin yang bertiup terlalu kencang, karena akan mengakibatkan batang dan tangkai buah tanaman patah atau rusak.
  • Tentukan lokasi lahan yang mudah mendapatkan pencahayaan sinar matahari sepanjang hari.
  • Tentukan kondisi suhu lokasi tanam tanaman melon berada  pada kisaran 24 -30 derajat celcius.
  • Tentukan lokasi lokasi lahan tanam yang tidak terlalu sering kehujanan dan lebat, hal itu tidak baik untuk tanaman melon kaarena akan menimbulkan kerontokan calon buah yang masih lemah.
  • Biasanya tanaman melon ini dapat tumpuh dan berkembang sempurna di dataran rendah dengan ketinggian tanah 350 – 950 meter dpl (diatas permukaan laut).
  • Pastikan kondisi tanah lokasi lahan tanam terkandung pasir dan kaya akan unsur hara, hal ini baik untuk pertumbuhan tanaman melon.
  • Pastikan Intensitas pH tanah berikisar antara 5 hingga 7

Demikian beberapa syarat tumbuh buah melon yang baik. Mari kita lanjutkan pembahasan selanjutnya yaitu cara menanam buah melon secara tepat dan benar.

Cara Menanam Buah Melon Secara Tepat dan Benar

Tahap Pemilihan Bibit Melon

Tahap Pemilihan Bibit Melon
Abahtani

Sama seperti dengan menanam tanaman semangka, hal utama yang harus dilakukan adalah pemelihan bibit. Untuk memilih jenis bibit dalam kondisi baik maupun tidak itu dapat kita lakukan dengan cara rendam benih dalam air atonik dan furadam selama kurang lebih 2 jam.

Apabila bibit itu terlihat mengapun dalam air, maka hal itu menandakan bahwa benih dalam kondisi tidak baik untuk ditanam. Lakukan hal itu hingga benih yang anda siapkan tadi habis. Lanjut proses berikutnya yaitu simpanlah benih dalam wadah yang kering dan tidak lembab supaya  terhindar dari tumbuhnya jamur.

Apabila bibit diletakan di dalam polybag, maka anda dapat maruh koran dibawahnya sebagai alas polibag itu supaya akar melon tidak menembus tanah.

Tahap Persemaian Benih Melon

Tahap Persemaian Benih Melon
Abahtani

Tahap dari cara menanam buah melon berikutnya adalah proses penyemaian benih. Penyemaian ini sangat penting untuk dilakukan sebelum bibit melon akan ditanam di lahan. Berikut ini saya sajikan informasi tentang cara menanam melon di dalam tahap persemaian benih :

  • Proses utama yaitu lakukan perendaman  benih dalam kurun waktu selama 3 jam untuk melahirkan perkecambahan benih.
  • Setelah itu masukkan benih ke dalam polybag yang sebelumnya sudah diisi dengan pupuk kandang dan tanah dengan komposisi 1 : 4
  • Lalu tutup benih dengan tanah yang telah dicampur dengan menggunakan abu sekam.
  • Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap pagi sehari satu kali dengan menggunakan semprotan.
  • Jika benih telah memasuki usia 12 hari dan sudah tumbuh daun 3 sampai 5 helai, hal itu menandakan bahwa benih siap untuk dipindahkan kedalam lahan sesungguhnya.

Tahap Persiapan Lahan

Tahap Persiapan Lahan
SlidePlayer

Apabila semua benih sudah siap untuk ditanam semua, maka tahap berikutnya dalam cara menanam buah melon yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan lokasi lahan tanam bagi tanaman melon ini. Bagaimana cara persiapannya? Yuk suk simak penjelasannya dibawah ini :

  • Anda dapat melakukan pengemburan tanah terlebih dahulu dengan cara mencangkulnya sekalian untuk membersihkan gulma maupun tanaman liar seperti rumput yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman melon.
  • Apabila kondisi pH tanah amat asam, maka anda dapat menambahkan kapur dolomit. Tetapi jika kondisi lahan terlalu basa, makan anda bisa menaburkan belerang sebelum lahan ditanami
  • Setelah digemburkan lalu diamkan lahan selama seminggu, hal ini agar terkena cahaya sinar matahari.
  • Jika telah dibiarkan selama seminggu, lanjut proses pembuatan bedengan dengan ukuran panjang 15 meter, lebar 120cm, serta tinggi 50cm.
  • Jangan lupa kasih jarak antar bedengan kurang lebih 50 cm hingga 70 cm.
  • Selanjutnya memasang plastik mulsa, hal ini bertujuan sebagai penutup bedengan dengan jumlah dua lapis yaitu lapis bawah berwarna hitam, dan mulsa atasnya ( bagian luar ) berwarna perak.
  • Setelah itu biarkan kembali selama seminggu setelah tertutup mulsa plastic.
  • Apabila sudah seminggu penutupan mulsa, maka lubangi mulsa plastik dengan bekas kaleng susu sekalian membuat lobang lahan tanam di bedengan dengan kedalaman 5 hingga 10 cm.

Tahap Penanaman Benih Melon

Cara menanam buah melon Tahap Penanaman Benih Melon
PT. Kusuma Dipa Nugraha

Jika lobang tanam sudah siap semua, langkah berikutnya cara menanam melon ini adalah memindahkan benih kedalam lobang tanam (Proses penananman) yang tersedia di bedengan. Pada masa tanam pastikan wajib di awal bulan kemarau.

Apabila anda memakai media tanam dengan cara polibag, lakukan pelepasan plastik polibag terlebih dahulu. Kemudian masukkan benih sekaligus media tanah kedalam lubang tanam , lakukan dengan hati-hati supaya tak merusak akar yang telah terbentuk pada saat bibit disemai.

Tahap Pemeliharaan Tanaman Melon

Cara Menanam Buah Melon Tahap Pemeliharaan Tanaman Melon
ANTARA Foto

Tahap pemeliharaan ini termasuk dalam bagian dari cara menanam melon secara tepat dan benar. Dalam melakukan tahapan ini harus teleti dan cermat, karena akan menentukan tumbuh dan perkembagan dari tanaman melon.

Apa saja yang mesti anda lakukan pada tahapan ini? Yaitu seperti penjarangan, penyulaman, penyiangan, pengairan, pemupukan, sampai penyemprotan pestisida untuk mencegah serangan hama dan penyakit tanaman.

Untuk proses penyulaman, penjarangan, hingga penyiangan dapat anda lakukan sekaligus dengan waktu penyiraman tanaman. Sementara untuk penyiraman sebaiknya dilakukan secara rutin setiap satu hari sekali di pagi hari, dimana tanaman ini tak memerlukan kadar air yang lebih..

Dalam pemeliharaan tanaman melon harus diadakan proses pengontrolan secara rutin, agar nanti kedepannya tumbuh dengan sempurna. Jika terdapat tanaman yang tak dalam kondisi sehat, maka secepatnya digantikan dengan tanaman baru (Proses penyulaman).

Selain itu juga terdapat tanaman yang saling berdekatan, maka lakukan pemisahan antar tanaman tersebut (Proses penjarangan) dan bebaskan tanaman dari gangguan gulma yaitu dengan cara membersihkan lokasi tanaman melon (Proses penyiangan).

Untuk menunjang pertumbuhan tanaman melon lebih cepat, makan diperlukan proses pemupukan susulan, anda dapat melakukan pemupukan susulan sebanyak tiga periode yaitu, pada waktu tanaman berusia 20 hari, 40 hari, dan 60 hari setelah benih ditanam di lahan tanam.

Pemupukan dilakukan dengan cara  menebarkan pupuk di bagian pinggiran bedengan dengan dosis Urea 300kg/ha , TSP 200 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.

Tahap Pemanenan Buah Melon

Cara Menanam Buah Melon Tahap  Pemanenan Buah Melon
MedanBisnisDaily.com

Untuk bauh melon dapat anda panen menginjak usia 120 hari setelah benih ditanam dibedengan. Ciri-ciri buah melon yang dapat dipanen seperti memiliki ukuran buah sudah terlihat besar, warna kulit agak menguning dan pada bagian kulit buah tampak serat jala yang kasar dan kontras.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Menanam Buah Melon, semoga dapat jadi bahan referensi dan bermanfaat untuk anda semuanya. Saya ucapkan sekian dan trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *