Cara Menanam Bunga Bugenvil Secara Tepat dan Tak Ribet

Cara menanam bunga bugenvil – Bunga Bugenvil atau biasa disapa bunga kertas merupakan tanaman hias yang terkenal di Indonesia bahkan luar negeri karna dalam perawatannya amat sederhana dan mudah.

Dalam Bahasa latin tanaman ini memiliki sebutan Bougainvillea, dimana tanaman ini diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat. Untuk bentuknya sendiri memiliki tampilan berupa pohon kecil yang belukar dengan tumbuh tegak.

Bunga bugenvil begitu mempesona sekali kerena seludang bunganya berwarna kontras dan menarik simpati banyak orang untuk membudidayakan tanaman ini.

Bunga ini dapat berbunga dengan rimbun dan Seludang bunganya sering dianggap sebagai bagian bunga, meskipun bunga yang sebenarnya memiliki ukuran kecil yang terlindung oleh seludang.

Mengenal Tanaman Bunga Bugenvile

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, bahawa bunga bugenvil disebut juga bunga kertas sebab bentuk seludang bunganya yang tipis dan memiliki karakteristik menyerupai kertas.

Dalam Bahasa inggris tanaman ini bernama bougainvillea, dimana nama ini diambil dari Sir Louis Antoine de Bougainville (prajurit AL dari Prancis).

Terdapat beberapa macam jenis bunga bugenvil yang terkenal didunia yaitu Bougainvillea (Elizabeth Angus, Red, Pultonii, Easter Parade, Lady Mary Baring dan masih banyak yang lainnya).

Dalam pertumbuhan tanaman ini cukup membutuhkan waktu agak lama dan bunga bugenvil cocok hidup di daerah tropis termasuk di Indonesia dapat tumbuh dengan ketinggian sampai 10 meter. Pada bagian batang tanaman ini amat keras dan memiliki duri tajam yang bercabang-cabang.

Tanaman ini sangat cocok dijadikan pajangan maupun hiasan di rumah anda, penasaran bagaimana cara menanam bunga bugenvil ini? Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Cara menanam bunga bugenvil

1. Tahap Persiapan Media Tanam Bunga Bugenvil

Tahap Persiapan Media Tanam Bunga Bugenvil
Dekoruma

Untuk persiapan cara menanam bunga bugenvil yaitu dengan membuat media tanam dengan pertukaran udara dan drainase air yang baik. Dengan demikian, tanaman ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di tempat tanah yang mengandung pasir.

Biasanya dalam tanh ini dicampurkan dengan menggunakan pasir malang sebagai media tanamnya, karena pasir malang ini dapat menyetabilkan kondisi suhu dalam tanah. Selain itu tambahkan juga tanam humus untuk mendorong kesuburan pada tanaman Bungan bugenvil ini .

2. Tahap Penanaman Bunga Bugenvil

Tahap Penanaman Bunga Bugenvil
IlmuBudidaya.com

Jika media tanam sudah selesai dan siap, lanjut ke proses penanaman tanaman bugenvil. Disini anda bisa mendapatkan bibit bunga bugenvil dengan cara membelinya langsung maupun mengambil dari tanaman sebelumnya.

Untuk mengambil dari tanamannya anda bisa melakukan dengan cara stek batang. Lalu pilih batang tanaman bunga bugenvil yang agak tua, kemudian potong sengan posisi serong dan runcing, setelah itu tancapkan dengan ke dalaman 5 cm ke media tanam tersebut.

Cara menanam bunga bugenvil ini anda dapat mengkombinasikan dengan berbagai jenis warna dalam satu batang yang sama. Bagaimana caranya? Yaitu dengan metode penyambungan pucuk artinya menyambung antara batang muda dengan batang yang lebih tua.

Keliatannya begitu sulit melakukan metode tersebut, namun jika anda sering berlatih dan memahaminya pasti akan jago deh.

3. Tahap Perawatan Tanaman Bunga Bugenvil Secara Rutin

Tahap Perawatan Tanaman Bunga Bugenvil Secara Rutin
IlmuBudidaya.com

Apabila tahap penanaman bibit bunga bugenvil sudah semua, maka lanjut pada tahapan perawatan tanaman ini. Disini anda wajib untuk merawat tanaman secara cermat dan rutin.

Anda dapat melakukan pemangkasan, hal ini agar tanaman terlihat mempesona dan rapi. Selain itu bisa mendorong rangsangan untuk tanaman bunga bugenvil tumbuh dan berbunga rimbun.

Bukan hanya ranting saja yang dipangkas, melainkan akar pada tanaman ini juga diperlukan dengan tujuan untuk memastikan akar tanaman bunga bugenvil tidak melebihi batas atau keluar dari area pot pot bunga.

4. Tahap Penyiraman Bunga Bugenvil

Tahap Penyiraman Bunga Bugenvil
Dekoruma

Tahap berikutnya dalam cara menanam bunga bugenvil ada;ah penyiraman. Mengapa hal ini diperlukan? Karena untuk menunjang kesuburan dan ketahanan hidup bagi tanaman ini sendiri.

Akan tetapi, sedikit informasi untuk anda bahwa jenis tanaman hias ini membutuhkan satu waktu dalam satu tahun tanpa melakukan penyiraman sama sekali (masa kering).

Masa kering umumnya terjadi gejala kemunculan pertama kali yaitu kuncup bunga, dimana  pengeringan ini akan mendorong pemekaran kuncup-kuncup bunga kertas tersebut. Nah pada waktu ini lah penyiraman harus dihentikan untuk beberapa hari kedepan.

5. Tahap Pemupukan Susulan

Tahap Pemupukan Susulan
Dekoruma

Tujuan dari pemupukan susulan untuk meningkatkan pertumbuhan dan menambah kandungan nutrisi pada bunga bugenvil. Lakukan hal ini sekali dalam satu bulan.

Untuk jenis pupuk yang digunakan ,anda dapat menggunakan beberapa macam jenis pupuk seperti pupuk kandang, pupuk kompos, atau pupuk kimiawi.  

Sementara untuk takarannya menyesuaikan tanaman yang anda tanam saja dan jangan terlalu berlebihan dalam penakarannya, karena tanaman ini memiliki ketahanan yang tinggi untuk bisa hidup.

6. Taruh Tanaman Di Tempat yang Tersorot Sinar Matahari

Taruh Tanaman Di Tempat yang Tersorot Sinar Matahari
Tanaman Pohon

Cara menanam bunga bugenvil yang terakhir adalah menaruh tanaman di tempat yang tersorot sinar matahari secara langsung.

Mengapa demikian? Karena bunga bugenvil membutuhkan cahaya matahari yang banyak. Hal ini yang menjadikan tanaman ini lebih cocok diletakan  di luar ruangan yang selalu terkena sinar matahari langsung.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Menanam Bunga Bugenvil, semoga dapat jadi bahan referensi dan bermanfaat untuk anda semuanya. Saya ucapkan sekian dan trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *