Cara Menghemat Kuota Internet Pada Smartphone

Cara menghemat Kuota Internet – Perkembagan teknologi informasi memang sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Sebagai contonya saat ini kebanyakan orang saat ingin hidupnya bergantung kepada Smartphone. Hal ini seperti layaknya kebutuhan pokok bagi mereka, sehari tanpa memegang Smartphone rasanya GEGANA (Gelisah, Galau Merana) kata orang begitu.

Jika kita memiliki Smartphone tentunya berkaitan dengan yang namanya Internet. Mengapa demikian? Karena untuk menakses Sosial Media anada harus menghubungkan Smartphone ke jaringan Internet. Kini para pelajar dan mahaiswa jika diberikan tugas, mereka mencarinya di Google atau browsing di Internet.

Selain itu jika anda merasa jenuh, anda dapat menonton dan mendegarkan music di Youtube atau aplikasi lainnya. Nah jika anda sering nonoton film di aplikasi Youtube, maka akan membuat kuota anda cepat terkuras.

Berdasarkan problem diatas, maka saya sebagai penulis website ArwanBlogger ingin memberikan solusi cara menghemat kuota Internet agr tidak cepat habis pada smartphone anda. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini :

Cara Menghemat Kuota Internet

1. Pakai Browser yang Lebih Efisien 

Pakai Browser yang Lebih Efisien
Cermati.com

Bagi anda yang menggunakan Browser (perambahan) default akan menyedot kuota internet secara berlebihan atau banyak, oleh karena itu supaya internet anda tidak cepat habis unduh lah  dan gunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini.

Opera Mini memang terbukti dapat meminimalisir kuota internet dan kebanyakan orang telah mempercayai serta sudah mengunduh aplikasi browser ini di Smartphone-nya masing-masing.

Perlu anda ketahui, pada Browser ini telah dilengkapi oleh fitur data-saving video boost, dengan demikian dapat mengurangi proses buffer dan mampu meningkatkan kualitas gambar tanpa membutuhkan banyak kuota internet.

Selain itu, tersedia juga browser Google Chrome yang juga mampu mengatasi penyedotan kuota yang terlalu besar. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membuka Chrome, lalu pilih ikon tiga titik di kanan atas > pilih Settings > pilih Bandwith > pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

2. Gunakan Aplikasi Mailbox Untuk Keperluan Email

Gunakan Aplikasi Mailbox Untuk Keperluan Email
PCplus Online

Tanpa kita sadari, ternyata ketika kita memnbuka email itu merupakan salah satu yang membuat kuota internet cepat habis. Kebutuhan anda dalam penggunaan email mulai dari membuka email dan mengunggah serta mengunduh file attachment (fasilitas yang terdapat pada email) dari email pastinya akan menguras lebih banyak kuata data Internet anda.

Oleh sebab itu, untuk mangatasi problem tersebut saya sarankan anda men-download aplikasi Mailbox dari Dropbox yang disedikan oleh Android dan iOS. Setelah diunduh, gunakan aplikasi ini untuk membuka email anda agar kuota anda tidak cepat terkuras cepat.

3. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Cara menghemat kuota internet selanjutnya adalah mematikan sinkronisasi beberapa akun. Tanpa anda sadari banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphone anda yang menguras kuota internet tanpa anda ketahui.

Maka dari itu, agar tidak terjadi hal sedemian rupa matikan sinkronisasi otomatis ini pada beberapa akun yang tidak begitu penting. Bagaimana caranya? Yaitu dengan masuk ke menu Settings > Accounts >  lalu pilih akun yang tidak ingin anda sinkronisasikan. Nah jadi seperti itu caranya, mudah kan. Selamat mencoba!!

4. Ubahlah Fitur Maps Menjadi Mode Offline

Dengan mengubah fitur maps menjadi mode offline tentunya akan menghemat kuota internet anda. Aplikasi yang terdapat pada Smartphone dapat mempercepat kuota data inetrnet cepat habis. Namun, kebanyakan para pengguna Smartphone tak menyadari hal ini.

Apabila anda mengaktifkan Aplikasi Maps ini, pastinya akan banyak menguras kuota internet Anda karena aplikasi ini terdapatlayanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite.

Oleh karena itu, untuk Untuk mengatasi borosnya kuota internet dari penggunaan aplikasi Maps ini, anda dapat men-setting Maps ini dari mode online ke mode offline. Bagi anda pengguna Android, pilih Search Bar di atas aplikasi Maps.

Selanjutnya Anda dapat menggesernya kebawah hingga menemukan opsi Save map to use offline. Lalu pilih save untuk berpindah ke mode offline. Sementara bagi anda pengguna iOS, ubahlah mode ke flight mode.

5. Membatasi Pembaruan Aplikasi, Terkecuali Bila Terhubung dengan WiFi

Pembaruan aplikasi memang sangat penting pada Smartphone anda, yaitu bertujuan untuk menunjang versi terbaru dan fitur-fitur didalamnya. Akan tetapi, jika menggunakan kuota Internet akan banyak menguras data internet.

Tanpa kita sadari, pembaruan aplikasi ini secara otomatis melakukan pembaruannya dengan memakai kuota internet kita. Kalau satu atau dua aplikasi yang di update tidak masalah sih, karena tak begitu memerlukan banyak data internet. Nah jika di Smartphone terdapat puluhan aplikasi yang harus di perbarui, maka akan menguras abis kuota internet.

Jadi bagaimana untuk mengatasi hal ini? Yaitu dengan cara mengubah pengaturan update aplikasi dengan cara hanya ketika perangkat terhubung  dengan WiFi yang gratis. Cara menerapkannya masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

6. Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Notifikasi

Cara menghemat Kuota Internet berikutnya adalah membatasi penggunaan mobile data dengan mengaktifkan notifikasi (peringatan). Disini anda dapat memakai fitur data usage warning dan limit system yang built-in pada pengguna Android, dengan demikian anda akan diberikan notifikasi ketika pemakaian kuota internet anda melewati batas.

Bagaimana caranya? Yaitu atur penggunaan mobile data dengan masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit dan tap untuk mengaktifkannya.

7. Membatasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data)

Cara Menghemat Kuota Internet Membatasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data)
Mi Community

Sering kali kuota internet anda cepat habis di akibatkan oleh penggunaan data otomatis di background smartphone. Kebanyakan orang tak menyadarinya untuk mematikan penggunaan data di background ini.

Oleh sebab itu, sejak sekarang mari kita atasi hal tersebut dengan cara masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Nah dari cara ini lah kuota internet dapat dihemat, akan tetapi sedikit ada kendala yaitu lambatnya notifikasi.

8. Membatasi Penggunaan Data Pada Setiap Aplikasi

Bukan hanya pembatasan pada penggunaan mobile data, untuk menghemat kuota internet anda juga bisa menerapkan pembatasan penggunaan data pada setiap aplikasi maupun layanan yang bisa membuat penghematan kuota.

Berbagai Aplikasi yang tersedia memang mempunyai opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya masing-masing. Untuk mengatur hat tersebut anda dapt melakukannya melalui menu setting pada aplikasi yang ingin Anda ubah. Saya contohkan pada penggunaan aplikasi Google Photos, caranya masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

9. Menerapkan Aplikasi Kompresi Data Pada Smartphone

Cara menghemat Kuota Internet satu ini memang sudah diakui cukup ampuh dan terkenal. Dengan menerapkankan aplikasi kompresi data pada Smartphone anda, maka bisa menghemat pemakaian kuota  internet.

Salah satu aplikasi kompresi data yang dapat anda gunakan yaitu Onavo Extend, dimana kerja dari aplikasi ini yaitu mengidentifikasi seluruh aplikasi yang terpasang pada perangkat Android anda. Akan tetapi, terdapat kelemahan pada aplikasi ini, yaitu tidak dapat melakukan kompresi video.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, anda bisa menghemat kuota internet dengan mengaktifkan opsi Wifi only. Dengan demikian, aplikasi akan memperbarui jika Smartphone anda hanya terhubung dengan WiFi saja. Cara menerapkannya yaitu masuk ke Play Store >  pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

10. Analisa Aplikasi yang Menguras Kuota Data

Selanjutnya cara menghemat kuota internet yaitu dengan menganalisa Aplikasi yang banyak membutuhkan kuota internet yang lebih. Jika anda terlalu banyak meng-Install aplikasi pada Smartphone anda, maka kuota internet akan cepat terkuras.

Oleh karena itu, analisa beberapa aplikasi yang menguras data internet anda tersebut dengan cra masuk menu Settings > pilih Data Usage dan scroll ke bawah. Nah disitu lah anda dapat mengetahui aplikasi mana saja yang banyak menyodot kuota internet.

Disinilah Anda akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Jika terdapat aplikasi yang tidak terlalu penting buang saja.

11. Matikan Koneksi internet Jika Tidak Dibutuhkan

Ketika menjelang tidur malam, tentunya koneksi internet tidak perlu di aktifkan bukan? Tanpa kita sadari, kebanyakan orang lalai dalam mematikan koneksi internet, padahal koneksi internet ini tidak dibutuhkan sama sekali, sehingga otomatis kuota internet termakan sia-sia.

Terbiasakan diri anda sejak kini untuk hidup hemat, salah satunya yaitu dengan cara mematikan koneksi internet jiak tidak diperlukan. Selain itu jika anda berada di lingkungan Kampus maupunPerkantoran, anda dapat memanfaatkan WIFI yang terdapat disitu, cara ini juga bisa menghemat kuota internet anda.

5 Kode Rahasia Untuk Beli Paket Internet Telkomsel Termurah

Ketik *363*841#

Dengan memasukkan kode diatas, maka anda akan disajikan beberapa opsi untuk paket kuota internet telkomsel yang akan diberikan terhadap nomor tujuan tertentu. Disini anda disajikan 5 opsi yang dapat anda pilih mulai dari 1 GB sampai 30 GB.

Ketik *363*13#

Masukan kode rahasia *363*13#, maka disini anda akan disuguhkan enam opsi paket kuota internet Telkomsel yang dapat anda pilih salah satunya, mulai dari 10 GB sampai 60 GB.

Ketik *363*369#

Dengan mengetik kode ini anda akan disuguhkan paket internet Telkomsel dengan jangka waktu 15 hari. Sesuai jangka waktunya, harganya pun juga murah yaitu Rp 15.000 maka anda akan mendaptkan kuota sebesar 2 GB.

Ketik *363*822#

Kode rahasia satu ini hanya diperuntukan khusus anda yang ingin membeli paket kuota internet dalam waktu satu hari saja. Hanya membutuhkan pulsa 10 ribu anda bisa mendapatkan kuota sebesar 1 GB.

Ketik *363*679#

Bagi anda pecinta gamers, saya merekomendasikan untuk membeli paket kuota internet Telkomsel lewat kode rahasia ini. Dengan pulsa 20 ribu anda telah bisa membeli paket internet.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Menghemat Kuota Internet, semoga dapat jadi bahan referensi dan bermanfaat untuk anda semuanya. Saya ucapkan sekian dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *