Cara Memperbaiki HP Mati Total Secara Tepat dan Mudah

Cara memperbaiki hp mati total – Pada era teknologi saat ini, para produksi brand smartphone telah mengeluarkan produk terbaiknya, akan tetapi jika sering digunakan seperti main game berkepanjangan dan streaming maka akan mengakibatkan smartphone anda cepat mengalami kerusakan.

Kerusakan pada smartphone akhir-akhir ini memang banyak dikeluhkan oleh para pengguna dan sangat merepotkan bahkan dirugikan. Meskipun harga Hp anda tergolong mahal seperti di angka <5 – 10 juta lebih tetap saja tidak luput dari ancaman mati total.

Baru-baru ini para pengguna juga mengeluhkan kenapa hp mereka sering mengalami hang, restart sendiri bahkan mati total. Oleh karena itu, disini saya sebagai penulis ArwanBlogger ingin memberikan solusi cara memperbaiki hp mati total. Sebelum memasuki pembahasan inti, sebaiknya anda simak ulasan penting dibawah ini :

4 Ciri-Ciri Permasalahan Hp Mati Total

  • Ketika dinyalan Hp hanya bergetar saja.
  • Hp mati dan tidak mengalami getaran sama sekali.
  • Pada saat di cas Hp tidak bisa hidup dan tidak merespon sama sekali.
  • Saat dinyalakan Hp mengalami getar, namun masih bisa masuk recovery.

Setelah mengetahui permasalahan Hp mati total, lanjut pembahasan berikutnya yaitu apa yang menyebabkan Hp atau smartphone anda mengalami hal seperti diatas, yuk simak penjelasannya berikut ini :

Penyebab HP Mati Total

cara memperbaiki HP mati total
YouTube

Sering sekali terjadi kerusakan Hp yang dialami oleh tiap pengguna. Biasanya kerusakan ini terjadi ditimbulkan oleh beberpa permasalahan didalam masalah sistem (software) maupun masalah komponen (hardware). Berikut penjeasan selengkapnya :

  • Usia Hp yang sudah tua dan rata-rata terjadi pada HP dengan jangka pemakaian di atas 2 tahun.
  • Bug sistem artinya sistem tidak stabil, sehingga dapat menimbulkan HP menjadi tidak bisa menyala dan hanya merespon getarnya saja.
  • HP mati total dapat dipastikan baterainya habis.
  • Overheat artinya pemakaian HP terlalu panas.
  • HP tidak mau menyala karena baterainya rusak.
  • HP tidak mau hidup karena konektor baterai rusak.
  • HP mati dapat diakibatkan oleh IC Power HP rusak.
  • HP rusak bisa terjadi karena jatuh atau terkena air (faktor eksternal).
  • Kerusakan HP dapat diakibatkan oleh pemakaian charger, artinya Charger yang tidak original mungkin tidak sesuai dengan spesifikasi HP.

Dari beberapa penyebab rusaknya HP diatas tersebut, tentunya cara memperbaikinya berbeda juga bukan. Kerusakan HP mati total sering dialami oleh beberapa brand seperti seperti Oppo, Samsung, Smartfren, Lenovo, Vivo, Xiaomi, Sony, ASUS, Acer, bahkan Iphone sekalian dan brand yang lainnya.

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa kerusakan HP dapat di timbulkan oleh software maupun hardware, Nah jadi Apakah HP Mati Total Dapat Diperbaiki Sendiri? Jawabannya tergantung, knpa? Karena materi yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini belum tentu menjamin HP mati total anda bisa nyala kembali.

Akan tetapi jika kerusakannya di akibatkan oleh sistem software-nya insyaalah bisa di atasi. Bagaaimana cara memperbaiki HP mati total? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini :

Cara Memperbaiki HP Mati Total (Matot)

Cara Memperbaiki HP Mati Total
YouTube

1. Charger HP Terlebih Dahulu

Cara memperbaiki HP mati total yang bisa anda coba yaitu dengan cara men-charger nya. HP ataupun smartphone anda mati total bisa saja baterainya dalam kondisi habis.

Hal ini bisa terjadi karena anda lupa men-charger, sehingga HP anda mengalami mati total dan bukan terjadi kerusakan. Jadi lakukan pengecasan HP terlebih dahulu dan tunggu hingga beberapa jam sampai baterainya terisi penuh serta bisa menyala.

2. Memakai Charger Desktop

Apa sih yang dimaksud dengan charger dekstop? Yaitu charger kodok universal yang dijadikan untuk mengatasi baterai HP tidak bisa di Charger. Bentuk charger ini dibuat khusus untuk mengisi daya di luar casing HP.

Jika HP anda mengalami mati total, anda bisa mengguunakan Charger Desktop untuk cara megatasinya, apalagi bila HP anda tidak meresponnya sama sekali saat di Charger (Tampilan gambar Zonk).

Bagaimana cara menggunakan Charger Desktop ini sendiri? buka casing HP-nya, lalu melepas baterainya dan pasangkan baterai ke charger dekstop. Setelah itu, tunggu dan amati baterai hingga daya terisi penuh. Jika sudah penuh pasangkan kembali baterai anda ke dalam HP.

3. Tes Pakai Baterai yang Lain

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa kerusakan HP mati total bisa saja diakibatkan oleh rusaknya baterai pada HP anda. Mengapa demikian? Karena tegangan pada baterai yang sudah terlalu rendah (anda bisa mengetahuinya melalui multimeter).

Gejala awal dari kerusakan HP bisa ditandai dengan HP mati sendiri secara tiba-tiba, akan tetapi terkadang masih bisa dinyalakan kembali. Untuk itu, anda segera melakukan pengantian baterai HP yang bari. Oh iya, gunakan baterai baru tersebut yang original ya, agar usia baterai dapat tahan lama.

4. Lakukan Flashing Ulang HP Android Melalui PC atau Laptop

Cara memperbaiki HP mati total yang dapat anda coba yaitu melakukan flashing. Kalau boleh tau bagi anda sudah tahu apa itu Flashing ulang Hp? Yaitu menginstall kembali Sistem Operasi dalam platform Android untuk memperbaiki kerusakan software yang terjadi di dalam sistem. Untuk mengintall SO itu dibutuhkan perangkat lain baik PC atau Laptop.

Bagi HP anda yang mengalami kerusakan mati total, tidak ada salahnya anda mencobat cara yang satu ini. Jika HP dihubungkan ke komputer dan ternyata masih terdeteksi, hal itu menandakan HP tersebut masih dapat diperbaiki. Tidak semua HP Android punya cara flash yang sama. Disini saya akan memberikan contoh brand HP dari OPPO yaitu :

  • Langkah awal, anda bisa membuka  Youtube terlebih dahulu.
  • Kemudian Lalu masukkan kata kunci “Cara Flash merk HP Anda“. Contoh brand : Cara Flashing OPPO f9.
  • Setelah itu, anda dapat mengikuti cara flashing dari hasil pencarian youtube tersebut.

Mengapa saya tidak menjelaskan di pembahasan artikel? Karena tahapan  flashing-nya cukup panjang dan bayak memakan waktu serta membuat anda bosan membacanya nantinya, maka dari itu saya mengajurkan untuk membuka via Youtube biar tidak jenuh melihatnya.

Selain itu, alasan saya karena HP Android itu memiliki sistem -namanya Firmware– dan chipset (processor) yang berbeda-beda, dengan demikian cara flashing-nya pun akan berbeda.

5. Wiping File Data dan Cache di Recovery

Berdasarkan sumber yang saya dapatkan bahwa cara memeprbaiki HP mati total ini bisa dilakukan dengan catatan apabila terdapat tanda-tanda HP masih nyala dan bisa masuk ke recovery.

Apa itu Recovery? yaitu salah satu sistem control yang terdapat pada platfrom Android, dimana anda bisa melakukan penghapusan dan peng-editan terhadap sistem.

Cara ini juga tidak kalah ampuh dengan flashing untuk memperbaki HP mati total yang diakibatkan oleh sistem corrupt (rusak). Nah jadi bagaimana cara melakukan penghapusan (wipe) Data dan Cache melalui recovery, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

  • Langkah utama, tekan tombol Power + Volume Up + Volume Down secara bersamaan. lalu tunggu lah beberapa menit hingga HP bergetar dan masuk ke recovery.
  • Apabila berhasi, kemudian silahkan cari menu Wipe.
  • Setalaj itu, eksekusi penghapusan (Wipe) Data dan Wipe Cache serta tunggu hingga proses selesai.
  • Bila sudah selesai, segera matiakan HP anda melalui recovery.
  • Berikutnya, hidupkan kembali HP. Jika rusaknya diakibatkan oleh sistem, maka HP akan merespon dan jadi normal kembali.

6. Melakukan Wipe System di Recovery

Cara memperbaiki Hp total yang satu ini, sama seperti dengan yang sebelumnya. Akan tetapi, cara ini sedikit berbeda yaitu tidak melakukan clear cache, melainkan cukup melakukan penghapusan (wipe) system. Tujuan wipe system ini adalah untuk menghapus sistem yang terinstal di HP anda. Bagaimana cara menerapkannya, mari simak penjelasan sebagai berikut :

  • Langkah awal, yaitu masuk ke recovery dengan menekan tombol kombinasi.
  • Setelah itu cari menu Wipe.
  • Kemudian pilih opsi Wipe System.
  • Apabila telah ada pemberitahuan, tekan yes dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Jika sistem di HP-nya telah terhapus, maka anda dapat menginstalnya kembali yaitu dengan cara memasang file.zip yang berisi ROM Firmware di dalamnya.

Kebanyakan orang bilang, cara yang satu ini sangat efektif, sebab prinsipnya hampir mirip dengan metode flashing. Untuk informasi lebih lengkapnya, anda bisa melihatnya pada via Youtube sesuai dengan merk HP anda.

7. Pergi ke Tempat Service atau Service Center

Apabila kerusakan diakibatkan oleh bagian HP, maka keenam cara memperbaiki HP mati total diatas sudah tidak efektif lagi. Oleh karena itu, pergilah ke tempat Service Center untuk memperbaikinya. Biasanya kerusakan yang sering dialami oleh pengguna HP terletak pada IC Power.

Apa itu IC Power? Yaitu salah satu bagian dari HP yang berfungsi sebagai penghantar daya dari baterai ke banyak komponen di HP. Nah jadi jika IC Power-nya rusak, maka HP tidak akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Untuk memperbaiki IC Power di Service Center biasanya membutuhkan waktu 1 -2 hari, itu pun tergantung tempatnya juga. Sementara biaya perbaikannya sendiri sih tak jauh dari angka Rp 200.000 atau bisa saja free jika masih bergaransi. Kerusakan HP mati total bukan saja diakibatkan oleh salah satu kompenen ini ya, melainkan bisa saja rusak karena terdapt komponen lainnya.

8. Mengerinkan dan Membersihkan HP Bila Mati Terkena Air

Cara memperbaiki HP mati total memang sedikit sulit, akan tetapi tidak ada salahnya kita memperbaiki sendiri dirumah dengan cara mengeringkan dan membersihkan HP bila mati terkena air, baik itu ketumpahan, terkena air hujan, atau hal lainnya.

Kerusakan HP Android yang dialami oleh anda, kemungkinan bisa terjadi karena di dalam HP masih terdapat air yang mengendap. Bagaimana jika terjadi hal demikian? Tenang saja anda cukup mengeringkan air dengan memakai kain di bagian body HP.

Sesudah itu, HP anda masukan kedalam karung yang berisi beras, kamudian tunggu sekitar 2 hingga 3 hari. Cara ini dibilang cukup efektif untuk mengeringkan sisa air yang terdapat di dalam komponen HP dan terbukdi bisa memperbaiki HP mati total akibat air tersebut.

Jika kondisi HP sudah terlanjur korosi, maka motherboard HP harus diganti. Anda bisa menggantinya ke temapat Service Center.

9. Lakukan Pencegahan Agar Tidak Terulang Kembali

Apabila HP mati total berhasil diperbaiki, ada baiknya agar tidak terulang kembali hal seperti itu, maka perlu dilakukan pencegahan. Disini saya akan memberikan tips bagaimana cara menjaga dan memperpanjang umur HP Smartphone baik itu IOS maupun Android. Yuk simak penjelasannya dibawah ini :

  • Gunakanlah casing pelinding yang terbuat dari bahan karet.
  • Pasangkan temperes glass.
  • Jangan menggunakan HP Smartphone terlalu Overhead.
  • Dalam seminggu sekali, sebaiknya matikan HP selama 30 – 60 menit.
  • Hindari pengecasan sampai Overcharger.
  • Letakan HP dalam tempat ataupun kondisi yang aman.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Memperbaiki HP Mati Total, semoga dapat jadi bahan referensi dan bermanfaat untuk anda semuanya. Saya ucapkan sekian dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *