Cara Memperbaiki Power Bank dan Jenis Power Bank

Cara Memperbaiki Power Bank – Bank daya atau lebih dikenal dengan Power Bank adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk pengisi daya baterai pada Smartphone tanpa harus mencolokkan kabel langsung pada terminal listrik.

Kebanyakan orang menggunakan Power Bank ini dalam keadaan terdesak, seperti saat berpergian ke luar rumah, berlibur, kumpul sama teman dan kegiatan lainnya.

Selain itu, dengan adanya perangkat ini para pengguna Smartphone baik Android maupun IOS sangat terbantu sekali, karena alat ini dapat menyimpan daya listrik atau disebut sebagai baterai cadangan. Apabila penyimpanan daya listriknya habis, maka perangkat ini dapat diisi ulang kembali dengan cara kabel dengan terminal listrik.

Power Bank ini bukan hanya untuk mengisi daya pada ponsel Smartphone saja, melainkan bisa digunakan pada perangkat lainnya seperti iPod, iPad, Tablet,dan masih banyak lagi. Cara penggunaan dari bank daya ini cukup mudah sekali, yaitu anda tidak perlu melepas baterai handphone, akan tetapi hanya mencolokan kabel data.

Alat ini diciptakan memang bertujuan untuk memberikan akses kemudahan bagi seseorang yang sering beraktivitas diluar rumah, sehingga tidak perlu repot dan binging untuk mencari terminal listrik di dalam ruangan.

Jika sering digunakan teus menurus, maka alat ini bisa mengalami keruksakan, nah bagaimana cara memperbaiki Power Bank yang telah rusak? Mari simak penjelasan berikut ini :

Cara Memperbaiki Power Bank

Cara Memperbaiki Power Bank
YouTobe

Bagi anda yang mempunyai Power Bank di rumah, akan tetapi tidak berfungsi atau saat dilakukan pengecasan dayanya tak mau masuk, maka hal tersebut menunkukkan Power Bank anda telah rusak. Disini saya akan memerikan solusi bagaimana cara memperbaiki power bank yang ngedrop, cepat habis atau tidak bisa di charge. Yuk simak ulasan dibawah ini :

  • Langkah awal, yaitu lakukan pengecakan terlebih dahulu pada kabel data atau USB anda yang sering anda gunakan untuk mengecas handphone dan power bank. Pastikan terlebih dahulu apakah kabel tersebut masih berfungsi dengan baik. Jika disini taka da kerusakan, maka lanjut proses pengecekan port USB nya.
  • Selanjutnya lakukan pengecekan port USB da pastikan port USB terpasang ke power bank dengan normal. Apabila normal, anda dapat membuka casing pada power bank, kemuadian lihat boardnya.
  • Berikutnya bukalah casing dan pastikan tidak terdapat kerusakan di dalamnya seperti kabel putus atauupun terlepas dari bord. Lalu dapat mengecek bagian dalamnya, apakah ada  komponen yang terbakar. Bila terdapat komponen yang terbakar, maka lakukan leas komponen tersebut dan langsung ganti dengan yang baru.

Jadi, berdasarkan solusi yang saya berikan diatas tadi, menurut anda mudah atau sulit ni cara memperbaiki power bank yang rusak dan mati total.

Biasanya, Power Bank ini sering rusak dikarenakan anda tidak membelinya barang yang asli, sehingga mudah rusak dan tidak awet. Kerusakan yang dialami pada power bank bukan hanya karena mati total, melainkan terkadang dapat disebabkan oleh kerusakan lainnya dan bermacam-macam.

Contohnya pada bagian baterai terjadi kerusakan karena tidak dapat mengisi daya saat di charge. Nah jadi cara memperbaiki Power Bank bermacam-macam ya.

Beberapa Merk Jenis Power Bank

Cara Memperbaiki Power Bank
YouTube

1. Xiaomi Mi PowerBank 16.000 mAh

Dimensi145 x 60,4 x 22 mm
Berat350 gram
Voltase InputDC 5,0V
Voltase OutputDC 5,1V
Kapasitas BateraiSel rechargeable Lithium-ion 3,75V/16.000 mAh(TYP)
HargaRp 325.000

Selain produksi Smartphone, brand Xiomo ini juga mengeluarkan produksi Power Bank terbaiknya untuk para para pengguna setia Xiomi. Untuk kualitas dari keluaran brand Xiomi, tentukan sudah dapat dijamin kualitasnya dan harganya cukup sangat terjangkau.

Untuk mendapatkan Mi Power Bank 16.000 mAh, anda cukup menyiapkan uang sebesar Rp 325.000. Tentu dengan harga segitu anda tidak keberatan bukan, karena Power Bank Xiaomi telah dilengkapi dengan teknologi perlindungan voltasi berlebih, sehingga dapat menjaga kondisi smartphone andoroid, blackberry serta apple iphone dari ancaman konsleting, dan over charging.

Power Bank Mi Xiomi ini menyediakan 2 port  USB output, jadi anda dapat mecolokan 2 kabel USB sekaligus untuk mengalirkan daya pada 2 perangkat Smartphone berbeda secara bersamaan. Jadi bagaimana, anda tertarik untuk membeli  Power Bank dari brand Xiomi ini.

2. Sony Portable Charger CP-F5 CycleEnergy 5000mAH

Dimensi7 x 13 x 0.94 cm
Berat198 gram
Voltase InputDC 5V / 1A
Voltase OutputDC 5V / 1.5 A
Kapasitas BateraiSel rechargeable Lithium-ion 3,75V/5000 mAh(TYP)
CompatibleiPhone, Blackberry, Android, Samsung, HTC, Xperia™, Cyber-shot™, Handycam® and Walkman® players.
HargaRp 525.000

Sony merupakan sebuah perusahaan yang berdiri pada tahun 1946 ini, bukan hanya memproduksi Smartphone saja, melainkan juga menciptakan beberapa aksesoris gadged yang tidak kalah kualitasnnya dengan brand lainnya yaitu sebuah Power Bank Sony Portable Charger CP-F5 CycleEnergy 5000mAH.

Produksi Power Bank dari brand Sony ini memiliki harga Rp 525.000 dengan ketahanan fisik yang kuat dan tahan lama dengan jumlah circle yaitu 500 kali charge. Sesudah melakukan pengecasan selam 500 kali secara full pada power bank, maka total kapasitas daya dapat menyimpan lebih dari 5000 mAH.

Biasanya Power Bank keluaran dari Sony dapat bertahan hingga dalam jangka waktu 2 tahun. Jika anda membeli Power Bank ini, maka anda akan dikasih masa garansi selama 2 tahun.

3. Power Bank APC 10000 mAh

Dimensi107 mm x 64 mm x 14 mm
Berat0.14 Kg
Voltase InputDC 5V / 1A
Voltase OutputDC 5V / 1.5 A
Kapasitas BateraiLithium Polymer 10000 mAh
CompatibleiPhone, Blackberry, Android, Samsung, HTC, Xperia™, Cyber-shot™, Handycam® and Walkman® players.
HargaRp 630.500

Power Bank APC  memiliki daya tamping daya sebesar 10000 mAh, sehingga anda tidak perlu khawatir jika daya baterai Smartphone habis atau ngedrop. Produk Power Bank dari brand ini dibuat seminimalis mungkin dan disertai dengan 2 port USB serta daya Output 2.4 A dan 1 A.

Jadi jika anda memiliki dua buah Smartphone, anda dapat mengecas secara bersamaan dengan cara mecolokkan dua buah kabel USB di lubang port. Brand dari Power Bank ini cukup di bandrol dengan harga Rp 630.500 dan terdapat lampu LED yang digunakan untuk mengetahui daya simpan dari baterai.

4. Power Bank OnePlus 10.000 mAh

Dimensi142.8 × 72.6 × 16.2 mm
Berat220 gram
Voltase InputDC 5V/2A, Output 2 USB
Voltase Output5V/2A (One device), 5V/1A (Two devices)
Kapasitas BateraiSel rechargeable Li Po 10,000 mAh
HargaRp 299.000

Perusahaan OnePlus tak mau kalah saing dengan Xiaomi dan Sony, brand ini juga menciptakan aksesoris gadged Power Bank dengan kualitas yang bagus dan didukung  oleh kapasitas penyimpanan daya baterai sebesar 10.000 mAh. Selain itu, OnePlus juga menyediakan 2 buah port USB yang dapat anda gunkan untuk 2 perangkat berbeda secara bersamaan.

Kelebihan dari brand OnePlus ini adalah telah dilengkapi teknologi keamanan tinggi, yang mampu menekan terjadinya overheating dan overcharging pada baterai smartphone serta harganya yang murah yaitu dibandrol Rp 299.000 .

5. Power Bank FSP Walk 5200 mAh

Dimensi142.8 × 72.6 × 16.2 mm
Berat140 gram
Voltase InputDC 5V/0.5A, Output 2 USB
Voltase Output5V/1,6A  (Dua perangkat)
Kapasitas BateraiSel rechargeable Li Po 5,200 mAh
HargaRp 368.000

Perusahaan FSP telah menciptakan aksesoris gadged yaitu power Bank dengan ukuran 142.8 × 72.6 × 16.2 mm  dan kapasitas penyimpanan daya sebesar  5200 mAh. Brand FSP telah menghadirkan banyak kelebihan disini yaitu FSP dapat menyematkan banyak fitur proteksi seperti Over current, Over discharge, Over charge, Short circuit protection. Desain dari FSP ini mirip seperti Samsung yaitu menyedikan 2 buah prt USB serta memakai baterai Samsung kelas A.

 

6. Power Bank Cooler Master 6600 mAH

Dimensi11.5 x 9.1 x 1.7 cm
Berat178 gram
Voltase InputDC 5V / 1A
Voltase OutputDC 5V / 2,1 A & 1 A
Kapasitas BateraiSel rechargeable Li Po 6,600mAh
HargaRp 800.000

Power Bank Cooler Master menghadirkan teknologi terbaru dan di desain dengan tampilan fleksibel, sehingga anda sangat mudah untuk dibawa kemanapun. Berat dari Power Bank ini cukup ringan sekali yaitu 178 gram, oleh karena itu mirip seperti WiFi router atau Modem.

Power Bank ini juga dilengkapi dengan 4 buah lampu LED yang akan menyala secara bergantian ketika charging, lampu tersebut berfungsi sebagai tanda kapasitas daya penyimpanan baterainya.  Mampu menampung daya sebesar 6600 mAh dan cocok untuk digunakan pada peralatan yang memiliki koneksi soket USB. Untuk masalah harga cukup terjangkau sekali yaitu dibandrol Rp 800.000.

7. Asus ZenPower Power Bank 10050 mAh

Dimensi90.5 x 59 x 22 mm
Berat 215 gram
Voltase InputDC 5V 2.0A
Voltase OutputDC 5.1V 2.4A
Kapasitas BateraiSel rechargeable Lithium-ion 3.6V/10. 050 mAh
HargaRp. 299.000

Perusahaan Asus juga tak mau kalah dengan yang lainnya, perusahaan ini juga menghadirkan aksesoris gadged bernama Power Bank  ASUS ZenPower dengan kapasitas daya tampung baterai sebesar 10050mAh. Power Bank buatam Asus ini salah satu produk termurah diantara yang lainnya. Desain dari keluaran Asus ini juga minimalis yaitu memiliki ukuran 90.5 x 59 x 22 mm.

Sementara berat dari Power Bank ini adalah 215 gram dengan ketebalan 22 mm. Kelebihan yang ditawarkan oleh Brand Asus ini Power Bank ini telah dilengkapi dengan teknologi overcharging layaknya Power Bank terbaik saat ini buatan Xiaomi dan OnePlus.

8. Power bank Yoobao Magic Cube YB 647 10400 mAh

Dimensi
Berat 189 gram
Voltase InputDC 5V 2.0A
Voltase OutputDC 5.1V 2.4A
Kapasitas BateraiSel rechargeable Lithium-ion 3.6V/10.400 mAh
Harga Rp. 320.000

Yoobao Magic Cube YB 647 juga menghadirkan aksesoris gadged Power Bank dengan daya tamping daya sebesar 10400 mAh. Power Bank yang dikelauarkan oleh Brand ini sangat kompatibel untuk  iPhone, iPad, Apple produk, kamera, HTC, SAMSUNG, Blackberry, Nokia, perangkat PSP / NDSL dan MP3/MP4/. Untuk mendapatkan Power Bank ini anda cukup menyiapkan uang sebesar Rp 320.000.

9. Power Bank Sanyo PROBOX 7800mAh

Dimensi10.6(P) x 4.8 (L) x 2.39(T) cm
Berat 140 gram
Voltase InputC 5V / 1 A
Voltase OutputDC 5V / 1.2 A
Kapasitas BateraiSanyo lithium – ion 7,800 mAh
Harga Rp. 419.000

Power Bank Probox yang memiliki ukuran 10.6(P) x 4.8 (L) x 2.39(T) cm ini dibuat dengan kapasita daya tampung baterai sebesar 7800mAh dan memakai baterai terbaik Sanyo buatan Jepang. Kelebihan dari Power Bank merk sanyo ini, yaitu alat ini sudah disertai dengan fitur Short Circuit Protection, Over Charge & Over discharge protection, Over Heat & over-current protection.

Selain itu juga dilengkapi dengan 7 macam Konektor  beserta sarung. Desain dari Power Bank Probox terdapat 4 buah lampu LED indikator baterai, lalu 1 buah tombol power, 1 input, dan 2 USB output 1,2 ampera dan 2,1 ampere.

10. Power Bank Hippo Atlas 12000 mAh

Dimensi14 x 73 x1.6 mm
Berat186 gram
Voltase InputDC 5V / 2 A
Voltase OutputDC 5V / 2.4 A
Kapasitas BateraiBaterai High Quality Li-Polymer 12,000 mAh
Harga Rp. 290.000

Merk power bank Hippo degan ukuran 14 x 73 x1.6 mm ini telah menciptakan prosuknya dengan kapasita penyimpanan daya baterai sebesar 12.000 mAh. Merk Hippo ini juga menghadirkan tingkah kualitannya yang lebih ungul seperti perlengkapan pada fitur over discharge protection, dimana fitur tersebut digunakan ketika terjadi tegangan tidak stabil pada powerbank.

Selain itu juga terdapat fitur over charge protection, dimana fitur ini berfungsi untuk mematikan pengisisan daya secara otomatis jika pengisian daya penuh.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Cara Memperbaiki Power Bank dan Jenis-Jenisnya, semoga dapat jadi bahan referensi dan bermanfaat untuk anda semuanya. Saya ucapkan sekian dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *