Cara Menanam Jeruk Nipis dan Manfaatnya Secara Lengkap

Cara Menanam Jeruk Nipis – Jeruk nipis atau dalam bahasa ilmiahhnya dikenal Citrus Aurantifolia ini sering difungsikan sebagai bahan baku untuk minuman kesehatan dan penyedap rasa masakan. Dengan demikian, permintaan masyarakat di Indonesia cukup tinggi.

Meskipun permintaan tinggi, para petani Di Indonesia dapat memenuhi kebutuhan dengan jumlah yang banyak. Sebetulnya, dalam penanaman Jeruk Nipis ini cukup mudah dan simpel. Selain itu, terdapat tiga teknis dalam menananm Jeruk Nipis, yaitu menanam dari benih atau biji, stek, maupun teknik pencakokan.

Di Indonesia terdapat suatu wilayah tepatnya di desa Keboagung yang membudidayakan Jeruk Nipis dengan cara stek ataupun pencakokan. Metode ini digunakan untuk menghasilkan bibit yang bagus dan kualitas yang unggul. Untuk itu perlu sedikit pemahaman dalam memilih pohon indukanmana yang produktif dan mana yang tidak.

Sementara itu, cara cara menanam jeruk nipis dengan biji, pertumbuhan tanaman lebih lama dibandingkan dua metode tersebut. Akan tetapi, masyarakat telah yakin bahwa menananm jeruk nipis dengan menggunakan biji nantinya akar yang tumbuh jauh lebih kuat bila dibandingkan dengan metode tersebut.

Meskipun banyak metode dalam menanam tanaman jeruk nipis, pada dasarnya cara menanam jeruk nipis adalah sama.Sevbelum menanam, perhatikan jenis tanah yang cocok, pupuk, dan juga cara perawatannya supaya hasil produksi yang didapat melimpah. Tanpa banyak mukodimah lagi, mari simak artikel mengenai Cara menanam Jeruk Nipis sebagai berikut :

Cara Menanam Jeruk Nipis

1. Persiapann Bibit Tanaman 

Cara menanam jeruk nipis Persiapann Bibit Tanaman
YouTube

Sesuai yang sudah saya jelaskan sebelumnya, tanaman Jeruk Nipis dapat dibudidayan melalui dua metode, yaitu dengan cara Vegetatif dan Generatif. Apa itu menanam secara Vegetatif? Yang membudidayakan dengan cara stek atau okulasi (cangkok). Sedangkan Generatif itu membudidayakan melalui benih (Biji). Sebelum menanam jeruk nipis dengan cara cangkok, alangkah baiknya perhatikan beberapa anjuran dibawah ini :

  • Pastikan pohon indukan memiliki kualitas unggulan dan hasil terbaik,
  • Pohon terletak di tanah yang subur,
  • Pohon tidak terserang penyakit,
  • Pohon memiliki buah yang banyak,
  • Pohon memiliki akar yang kuat,
  • Pohon berdahan halus berdiameter 3 cm.

Sementara untuk metode generative, hal yang perlu diperhatikan, yaitu dimana pohon jeruk nipis ditanam mulai dari biji adalah dari buahnya langsung yang diperas lalu bijinya dijemur selama 3 hari tanpa terkena sinar matahari secara langsung.

2. Persiapan Lahan Tanam

Untuk mempersiapan lahan tanam pada tanaman Jeruk Nipis ini sebetulnya sama halnya dengan tanaman lainnya, yaitu pastikan lahan dalam kondisi bersih dari gangguan rumput liar atau gulma. Dilakukannya hal ini agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Nah bagaimana cara membersihkan gulma ini? Yaitu dengan cara mencabutnya atau mengaritnya lalu bakarlah. Mengapa perlu ada pembakaran? Karena abu pembakaran bisa kita manfaaatkan untuk pupuk dasar organik bagi tanaman yang akan di tanam. Dalam tahapan ini anda juga bisa melakukan pemindahan bibit dilakukan.

3. Persiapan Media Tanam

Dalam mempersiapkan media tanam cukup mudah kok, pertama amati dan perhatikan lokasi tanam yang akan ditanami jeruk nipis nanatinya. Tentu disutu terdapat tanamaan lainnya, apakah tanaman itu tumbuh dengan seubuh atau tidak. Jika tanama tersebut tumbuh dengan baik makan lokasi pas untuk dijadikan lokasi lahan tanam.

Selain itu, jika di lahan tanam tersebut banyak tumbuh ilalang, artinya itu menandakan bahwa tanah itu memiliki tingkat kesuburan yang baik. Namun, kandungan tanahnya kurang netral, untuk itu diperlukan kapur dolomit  agar Ph/kesuburan tanah membaik.

4. Pembuatan galangan

Apa fungsi dari pembuatan galangan? mempermudah pertumbuhan akar dari bibit pohon jeruk nipis anda. Apabila akar telah menanacap dan tumbuh di dalam tanah, maka galangan tidak lagi diperlukan oleh pohon.

Bukan hanya itu saja tuhuan pembuatan galangan, melainkan agar air siraman atau air hujan tidak menggenang di area tanaman. Oleh karena itu, adanya galangan air tersebut akan turun dengan sendirinya dan menjadikan kelembapan tanah terjaga.

5. Pengaturan Jarak Tanam

Mengapa dibutuhkan penjarakan pada tanaman? Hal ini bertujuan agar nantinya jika tanaman telah tumbuh besar dan daunnya tumbuh dengan lebat serta berkembang dengan baik tanpa terhalang pohon jeruk nipis yang lainnya.

Selian itu,agar sinar matahari dapat tersorot dan menyinari pohon secara merata serta tidak terhalang oleh tanaman lainnya. Biasanya penjarakan tiap tanaman ini berjarak 4 meter.

6. Pembuatan lubang tanam

Tujuan dari pembuatan lubang tanam ini yaitu memudahkan pemindahan bibit ke area tanam. Akan tetapi, alangkah baiknya lubang tanam ini dipersiapkan dua minggu penanaman berlangsung. Mengapa demikian? Karena supaya lubang bisa taburkan pupuk dasar terlebih dahulu. Untuk jenis pupus dasar ini, anda dapat menggunakan pupuk organik.

7. Pemindahan dan Penanaman Bibit Jeruk Nipis

Langkah selanjutnya dalam cara menananm Jeruk Nipis adalah Pemindahan bibit. Pemindahan bibit ini dapat anda lakukan, jika usia biit mencapai  2 bulan dimana bibit telah mengalamo pertumbuhan dan berkembang dengan baik dan besar. Akan tetapi, ada beberapa catatan yang perlu anda lakukan senelum proses pemindahan dilakukan berlangsung, yaitu :

  • Pastikan bibit yang memiliki banyak cabang dan daun, sebaiknya dikurangi dengan cara dipotong beberapa dahan dan helai daun. Hal ini bertujuan supaya  nantinya sinar matahari dapat masuk untuk menyinari bibit secara maksimal.
  • Apabila terdapat bibit yang telah memiliki akar lebat maka lakukan pengukuran akar supaya nantinya mudah pada saat pemindahan. Pastikan akar tidak terlipat atau menggulung, karena hal ini bisa mempengaruhi pertumbuhan akan selanjutnya.
  • Penanaman bibit dapat dilakukan di dua musim, yaitu musim hujan da kemarau. Akan tetapi, alangkah baiknya bibit Jeruk Nipis ditanam ketika musim hujan saja, karena ketersediaaan air didalam tanah tercukupi dan cuacanya tidak terlalu panas.
  • Apabila anada tetap memaksakan menanam bibit Jeruk Nipis di musim kemarau, maka dapat dipastikan anda akan selalu  mengeluarkan banyak air untuk kebutuhan bibit agar tidak kekurangan air.

8. Pemeliharaaan

Jika penanaman bibit telah selesai semua. Tahap berikutnya adalah pemeliharaan. Dalam pemeliharaan atau perawatan bibit Jeruk ini cukup mudah sekali kok. Berikut ini beberapa perawatan yang perlu anda lakukakan yaitu :

Pemangkasan

Tahap pemangkasan bkan hanya dilakukan pada waktu tanam saja, dalam perawatan ini juga dapat anda lakukan hal demikian. Pemangkasan dilakukan, apabila terdapat ranting atau daun yang terjangkit oleh penyakit dan hama.

Selain itu, pemangkasan juga dilakukan untuk membersihkan cabang pohon yang kering, sakit, ataupun tidak produktif. Apabila dahan ata ranting tanaman jeruk nipis anda tidak produktif lagi, maka segera lakukan ppemangkasan karena cabang kering itu dapat mempengaruhi yang lainnya.

Biasanya dalam pemangkasan ini dibutuhkan sebuah alat berupa gunting, pastikan alat tersebut dalam kondisi steril dan tidak kotor. Caranya mudah kok, anda tinggal memasukan gunting kedalam cairan alcohol atau Klorox.

Setelah itu lakukan pemangkasan canbang pohon, jia tidak ada cabang yang terinfeksi penyakit dan kondisi kering, maka lakukan pembakaran atau penguburan cabang tersebut  didalam tanah agar tidak menganggu yang lainnya.

Penyiraman

Untuk proses penyiraman tanaman Jeruk Nipis dapat dilakukan dua kali dalam satu hari. Akn tetapi, tergantung dan menyesuaikan cuaca dan musim.

Apabila di musim hujan, proses penyiraman ini tidak perlu banyak-banyak. Oh iya, pastikan ketika proses penyiraman tidak boleh ada genangan air disekitar tanaman, hal ini akan mempengaruhi pembusukan akar karena air tidak dapat meresap.

Penjarangan

Tahap penjarangan ini biasanya dilakukan saat tanaman telah berbuah. Mengapa disini perlu dilakukan penjarangan? Karena supaya buah dapat memiliki kualitas yang bagus dan ungggulan.

Terdapat beberapa ciri-ciri buah yang harus dilakukan penjarangan ini seperti  buah kondisi tidak sehat, dalam satu tangkai buahnya terlalu banyak dan terdapat buah yang tidak tersinari oleh sinar matahari.

Pembersihan Penyakit dan Gulma

Penyakit dan Gulma merupakan penghalang ataupun penghambat untuk semua tanaman yang ingin tumbuh. Perlu anda ketahui, sebenarnya gulma ini dapat berguna untuk menghambat penyerangan hama dan penyakit oleh tanaman. Sementara untuk menghilangkan penyakit dan hama pada tanaman jeruk Nipis, anda bisa menyemprotkan obat yang dapat anda beli di toko pertanian.

9. Pemupukan

Proses pemupukan ini dilakukan bertujuan untuk mendorang tumbuh dan perkembangan tanaman Jeruk Nipis. Dalam proses pemupukan tanaman Jeruk Nipis terdapat teknik khusus, yakni lakukan pemupukan ketika proses penanaman dan tanaman telah tumbuh besar.

Gunakan pupuk organic ketika awal penanaman jeruk nipis, karena pupuk organic sebagai pupuk dasarnya.Sementara untuk tanaman Jeruk Nipis yang sudah tumbuh besar, anda bisa menggunakan jenis pupuk TSP, Urea, Pupuk Kandang, dolomit, dan juga ZA.

10. Masa Panen

cara menanam jeruk nipis Masa Panen
YouTube

Tahap panen merupakan tahap akhir yang ditunggu-tunggu oleh para petani. Untuk tanaman Jeruk Nipis, biasanya pelaksanaan proses pemanenan dapat dilakukan setelah usia 30 – 60 minggu. Satu pohon Jeruk Nipis, dapat menghasilkan produksi buah sebanyak 500 buah/tahun. Meskipun  waktu panen membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, didalam proses pemanenan ini juga diperlukan teknik khusus agar tidak merusak tanaman. Jika tetap memaksa, maka dikhawatirkan akan merusak keadaan tangkai yang sedang produktif, sehingga buah tidak lagi bisa dihasilkan. Nah jadi bagaima cara pemanenanannya? yaitu dengan memakai alat bantu gunting pangkas agar rantingpun tidak rusak.

Kandungan dan Manfaat dari Jeruk Nipis

Setelah anda melalui proses didalam cara menanam Jeruk nipis, saatnya anda mengetahui apa saja isi kandungan yang terdapat didalam buah Jeruk Nipis ini. Langsung saja simak ulasannya dibawah ini :

•           Mengandung Vitamin A

•           Mengandung Vitamin B

•           Mengandung Vitamin C

•           Mengandung Vitamin D

•           Mengandung Kalium

•           Mengandung Kalsium

•           Mengandung Magnesium

Berdasarkan isi kandungan yang terdapat dalam buah jeruk nipis tersebut, maka dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan mengobati penyakit dalam tubuh kita. Nah, jadi apa saja khasiat dari Jeruk Nipis ini? Mari simak penjelasannya berikut ini :

1. Meremajakan Kulit

Kandungan yang terdapat didalam Jeruk Nipis seperti vitamin C, flavonoid dan antioksidan yang bisa meningkatkan kolagen. Dengan meminum air perasan dari Jeruk Nipis ini juga bisa meningkatkan kelembapan dan meremajakan kulit anda, karena jeruk nipis mengandung Vitamin C dan flavonoid.

Perlu sedikit anda ketahui, tidak dianjurkan untuk meletakkan kulit jeruk nipis langsung di kulit anda karena sorortan sinar matahari setelah itu dapat menimpulkan phytophotodermatitis| (luka bakar).

2. Mencegah Terjadinya Infeksi

Bagi anda yang sering terinfeksi ketika musim hujan tiba, konsumsinya jus jeruk nipis setiap hari karena didalamnya terkandung Vitamin C dan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu tubuh anda melawan infeksi seperti flu dan virus flu.

3. Membantu Proses Diet

Bagi anda tentu ingin memiliki tubuh yang ideal bukan dan terlihat mempesona? Nah buah jeruk nipis ini memiliki khasiat mamapu membantu anda mengatur berat badan, karena didalamnya terkadung Asam sitrat yang dapat meningkatkan metabolisme, membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Akan tetapi, hal tersebut harus diimbangi denga berolahraga untuk mendukung proses penurunan  berat badan dan kontrol berat badan. Dalam mengkonsumsi Jeruk Nipis ini, sebaiknya minumlah dengan segelas air jeruk nipis di pagi hari

4. Menurunkan Diabetes

Mengapa Jeruk Nipis memiliki khasiat dalam membantu menuruknan Diabetes? Karena jeruk nipis terkandung vitamin C yang sangat baik untuk di konsumsi dann mengobati pengidap dari diabetes. Selain itu, buah Jeruk Nipis ini juga terdapat kandungan indeks glikemik yang rendah dan dapat membantu mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah.

5. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Penyakit Jantung merupakan penyakit peringkat nomor satu dunia yang sangat berbahaya. Agar anda tidak terkena penyakit ini, sebaiknya konsumsi Jeruk Nipis karena didalamnya terkandung sumber magnesium dan potasium yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, mengandung Kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, yang mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke. Saat ini masih berlangsungnya penelitian yang menunjukan pada senyawa jeruk nipis yang disebut limonin berkhasiat untuk mengurangi kadar kolesterol.

6. Mencegah Terjadinya Kanker

Setelah Penyakit Jantung yang menduduki posisi pertama, selanjutnya terdapat penyakit Kanker yang terletak di peringkat kedua. Penyebab kanker ini dikerenakan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak normal dan terkontrol serta bisa berkembang di berbagai bagian tubuh seperti payudara, paru-paru, dan ginjal.

Untuk mencegah terjadnya kanker, konsumsilah Jeruk NIpis karena didalamnya terkandung antioksidan yang bisa meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

7. Mengurangi peradangan

Bagi anada ang sering mengalami gejala Artritis, asam urat, dan persendian tersasa pegal, hal ini dikarenakan oleh peradangan. Oleh sebab itu, untuk mengurangi peradangan tersebut konsumsilah Jeruk Nipis karena didalamnya terkadung Vitamin C. Selain itu, dengan mencampurkan  jus jeruk nipis dengan air, maka bisa mengurangi gejala radang sendi.

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Source Trusted Source yang menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C minimal tiga kali dalam sehari atau lebih dapat mengurangi kadar asam urat.

Dimana asam urat merupakan hasil limbah yang diproduksi oleh tubuh manusia ketika memecah makanan yang mengandung purin, seperti daging, hati, jamur, dan kacang kering. Jiika kadar asam terlalu tinggi, maka tubuh kita akan merasakan ngilu, pegal dan menyebabkan encok.

Demikian pembahasan kali ini mengenai manfaat dan Cara Menanam Jeruk Nipis, semoga dapat jadi bahan referensi dan bermanfaat untuk anda semuanya. Saya ucapkan sekian dan trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *