Cara Menanam Sirih Menggunakan Polybag Secara Mudah

Cara menanam Sirih – Dalam bahasa latin Sirih disebut dengan Piper betle L yang termasuk dalam genus piper, famili piperaceae, dan ordo piperales. Tanaman ini biasanya tumbuh dengan cara merambat pada tumbuhan lainnya. Dimana Daun sirih sering dijadikan sebagai obat tradisional oleh masyarakat Indonesia.

Penyakit yang dapat di sembuhkan melalui Daun Sirih ini seperti penyakit asam urat, menurunkan kolesterol, diabetes, radang prostat, maag, batu ginjal, kelelahan, keputihan, serta memperhalus kulit pada tubuh kita. Selain itu, beberapa masyarakat di Indonesia juga meyakini bahwa tanaman Sirih memiliki sifat mistis.

Tanaman Sirih ini dalam penanamannya sebenaarnya cukup sederhana sekali. Kebanyakan orang Indonesia belum terlalu membudidayakan tanaman yang satu ini.

Padahal khasiat yang terkandung dalam daun Sirihnya dapat dimanfaaatkan untuk pemgobatan herbal. Bagi anda yang berminat untuk menanam Sirih, yuk simak ulasan cara menanam Sirih dengan mudah dan tepat sebagai berikut :

Baca Juga Cara Menanam Jeruk Nipis dan Manfaatnya Secara Lengkap

Cara Menanam Sirih Secara Mudah

1. Tahap Persiapan Media Tanam 

Umumnya tanaman Sirih dapat tumbuh pada ketinggian tanah sekitar 3000 mdpl dengan suhu yang cukup dingin. Selain itu, dalam membudidayakan sirih tidak terlalu memerlukan pencahayaan sinar matahari (60 – 70%).

Dalam media tanam pada tanaman Sirih, dibutuhkan tanah lumpung liat berpasir atau tanah lempung yang berpasir, dimana jenis tanah tersebut sangat cocok bagi tanaman untuk tumbuhan obat yang pada umumnya. Sementara itu, diperlukan intesitas pH tanah (kemasaman tanah) pada tanaman Sirih sekitar 6-7.

2. Tahap Pemilihan Benih Daun Sirih

Cara menanam sirih Tahap Pemilihan Benih Daun Sirih
Bukalapak

Tahap selanjutnya didalam cara menanam Sirih, yaitu pemilihan benih daun Sirih. Pada tahapan ini, pilihlah bibit tanaman dan sirih yang baik, bagus, serta memiliki kualitan unggulan. Mengapa demikian? Karena hal ini yang paling utama dalam membudidayakan tanaman sirih.

Selain itu, apabila kita salah dalam memilih benih daun Sirih, maka dapat dipastiakn pertumbuhan dan perkembangan tanaman Sirih tidak sempurna dan hasil yang didapat tak sesuai harapan kita. Nah, jadi bagaimana cara memilih bibit yang bagus dan unggulan? Berikut ini karakteristik benih daun sirih yang perlu anda pilih.

  • Indukan tanaman Sirih dalam pertumbuhan yang termasuk cepat.
  • Indukan tanaman Sirih bisanya memiliki ciri daun yang besar, bagus, dan lebar.
  • Indukan tanaman Sirih terdapat tunas akar yang sangat banyak.
  • Indukan tanaman Sirih memiliki batang yang bagus.
  • Indukan tanaman Sirih tidak dalam kondisi terserang hama.
  • Indukan tanaman Sirih dalam kondisi Sehat.
  • Indukan tanaman Sirih tidak terdapat kelainan/cacat/abnormal pada tanamannya.

Apabila anda telah memilih benih tanaman Daun Sirih yang berkualitas bagus dan unggulan, langkah selanjutnya adalah pengelolaan terhadap media tanam yang akan digunakan baik itu dengan mengunakan pot maupun polybag. Dengan demikian, supaya mendapatkan media tanam yang baik (subur dan gembur), maka lakukan lah hal dibawah ini :

  • Berikan pupuk organik dengan tanah yang akan digunakan untuk menanam dengan perbandingan 1:1.
  • Kemudian, biarkan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk organik selama beberapa hari sebelum dilakukannya penanaman..

3. Tahap Penanaman Sirih 

Cara menanam Sirih ini sebenarnya cukup mudah sekali. Bisanya tanaman Sirih merayap pada tanaman kelor, dadap, pohon gamal dan kapuk. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan menggunakan bagian ujungnya sekitar 40-50cm. Kemudian, berikan sandaran,hal ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan Sirih agar lebih baik.

4. Tahap Pembuatan Sandaran Pada Tanaman Sirih 

Dalam memberikan sandaran tanaman Sirih, anda dapat menanam pohon untuk tempat merambatnya Sirih ini. Alangkah baiknya, penanaman pohon ini dilakukan pada musim hijan sebelum anda melakukan penanaman sirih tersebut. Setiap pohon yang akan ditanam, sebaiknya di jarak sekitar 1,5m/pohon.

Selain itu, anda disini juga dapat melakukan pembuatan parit pada tiap dua baris pohon, hal ini bertujuan untuk mengaliarkan air agar tanah yang terdapat di dekat tanaman sirih tersebut tidak mengendap air, karena tanaman sirih sensitif terhadap tanah yang lembab.

5. Tahap Perawatan Tanaman Sirih 

Sirih adalah tanaman yang memiliki pertumbuhan begitu cepat jika mendapatkan pencahayaan sinar matahari yang normal. Oleh karena itu, dalam perawatan tanaman sirih, letakkan tanaman pada tempat yang terkena sinar matahari sekitar 60 hingga 70%. Sedikit catatan buat anda, jangan sampai tanaman Sirih terlalu banyak tersorot sinar matahari, karena dapat membuat daun sirih tersebut cepat layu.

Sementara tanaman Sirih yang di letakkan pada tempat yang jarang terkena sinar matahar, maka daunnya akan berwarna hijau dan memiliki rasa sedikit pedas. Jadi dapat disimpulkan, bahwa penentuan cahaya sangat berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan oleh daun sirih.

Bukan hanya pencahayaan sinar matahari saja yang menjadi faktor rasa dari daun Sirih ini, malainkan pupuk juga memberikan pengaruh yang berbeda terhadap cita rasa yang akan dihasilkan oleh daun sirih. Untuk jenis pupuk yang digunakan dalam tanaman ini, sebaiknya gunakan pupuk kompos ayam, karena memiliki sifat dingin.

6. Tahap Penanggulangan Hama dan Penyakit 

Hama merupakan tanaman penganggu bagi semua tanaman. Oleh karena itu perhatikan hama yang terdapat pada pada tanaman sirih itu sendiri. Hal yang perlu anda lakukan disini adalah menyemprotkan cairan pestisida terhadap tanaman sirih.

7. Tahap Pemanenan Daun Sirih 

Tahap terakhir didalam cara menanam Sirih adalah pemanenan. Untuk waktu panen biasanya dapat dilakukan setelah usia tanaman sirih mencapai satu tahun. Ciri daun sirih yang dapat dipanen seperti memiliki 3 sampai 4 ruas. Sementara untuk melakukan pemanenenan sebaiknya dilakukan pada waktu pagi agar tanaman yang dihasilkan akan lebih segar.

Selain itu, pilihlah dan petik daun tersebut yang telah terlihat cukup tua, bersih dan memiliki warna yang mengkilap. Daun yang mengkilap menandakan memiliki kandungan zat yang tinggi. Teknik dalam memetik daun sirih, sebaiknya di mulai dari daun bagian bawah hingga atas.

Cara Menanam  Sirih Menggunakan Pot atau Polybag

Cara Menanam  Sirih Menggunakan Pot atau Polybag
Bukalapak

Cara menanam Sirih dengan media pot cukup mudah dan sederhana, karena tanaman sirih ini tidak lagi perlu melakukan persemaiaan. Berikut ini saya sajikan cara menanam Sirih dengan menggunakan pot secara lengkap, yaitu :

  • Langkah awal adalah menyiapkanwadah (umumnya pot serta polybag), lalu isi wadah dengan menggunakan tanah yang telah disiapkan sebelumnya (tanah gembur dan telah dicampur dengan pupuk organik).
  • Pot atau polybag yang digunakan harus berdiameter 10 – 20 cm dan harus memiliki lubang air pada bagian bawahnya agar air dapat keluar dari tanah.
  • Selanjutnya buatlah lubang untuk menanam dengan kedalaman 4 cm. Namun, perhatikan lagi untuk tunas atau batang yang akan digunakan.
  • Setelah itu, timbun tunas yang telah dimasukkan ke dalam lubang tanam dengan memakai tanah gembur dan pupuk organik secara merata.
  • Jangan lupa siram tanah yang sudah ditanami oleh tanaman sirih hingga basah.
  • Letakan posisi pot atau polybag berda apada sosrotan sinar matahari pagi dan suhu yang lembab.
  • Terakhir, pastikan posisi media tanam tidak berada tempat yang akan terkena hama baik itu dari tumbuhan atau hewan. Sesudah itu, lakukan perawatan dengan baik terhadap tanaman.

Baca Juga Cara Menanam Jeruk Lemon dari Batang Versi Terlengkap

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Cara menanam Sirih
Bukalapak

1. Antiseptik

Dengan memanfaatkan Daun Sirih ini dapat dijadikan sebagai bahan alami antiseptik. Caranya anda melakukan perebusan pada daun Sirih ini. Daun Sirih mengandung antibakteri yang terbukti dapat membunuh bakteri atau kuman yang menempel pada bagian tubuh kita. Oleh karena itu, kandungan daun sirih merah rekomen sekali jika dijadikan bahan cuci tangan.

2. Mengurangi Bau Mulut dan Badan

Khasiat daun Sirih selanjutnya adalah dapat mengurangi bau mulut, karena daun srih mengandung eugenol dan capitol yang mampu mengatasi bau mulut. Cara mempraktikannya, yaitu pertama rebus daun sirih merah, lalu gunakan air rebusan dari daun sirih tersebut untuk berkumur.

Selian bisa menghilangkan bau mulut, tentunya mampu mengatasi bau badan juga, karena didalamnya mengandung estradiol dan klaikula yang mampu bekerja mengatur produksi hormon kelenjar keringan dalam tubuh. Caranya yaitu dengan meminum air rebusan dari daun sirih ini secara rutin.

3. Mengobati Gusi Berdarah

Untuk anda yang sedang mengalami gejala gusi sensitif, anda dapat memanfaatkan daun sirih merah sebagai obat herbal untuk mengatasinya. Khasiat dari daun sirih merah diyakini mampu menurunkan pendarahan akibat peradangan gusi, karena mengandung saponin, tanin, kalsium dan fosfor.

Jadi bagaimana, tertarik untuk mencoba mengobati gusi berdarah dengan menggunakan obat herbal satu ini? Untuk anda yang tertarik, anda dapat merebus daun sirih merah, kemudian ambil lah rebusan airnya untuk berkumur 3 kali sehari.

4. Mengobati Gatal

Bagi anda yang mengidap penyakit gatal-gatal pada kulit, ada baiknya anda mencoba mengobatinya secara herbal dengan menggunkan rebusan daun sirih merah. Misalnya, anda terjangkit gejala gatal yang ditimbulkan oleh gigitan serangga atau alergi lain, rebuslah daun sirih merah sebanyak 20 -30 lembar.

Setelah itu, ambil lah air rebusan dari daun sirih tersebuh untuk mandi. Tak lama kemudian, air tersebut akan mulai bereaksi meredakan rasa gatal akibat serangga maupun alergi pada kulit.

5. Mengobati Batuk

Anda memiliki gejala batuk? Yuk coba obati secara herbal dengan menggunakan rebuasan daun sirih merah ini, karena daun sirih merah terkandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab penyakit batuk. Caranya, ambillah lima lembar daun sirih yang telah di cuci, kemudian rebus dengan menggunakan 300 ml. Setelah itu, tunggu hingga mendidih, lalu tuangkan kedalam gelas dan minumlah.

6. Mengatasi Sakit Perut

Daun Sirih juga mampu mengatasi sakit perut, karena didalamnya terkandung terpenoid dan lavikula. Dengan mengkonsumsi rebusan dau sirih merah ini sakit perut anda bisa hilang. Caranya begitu sederhana, yaitu ambil lah 7 lembar daun sirih merah dan air secukupnya, lalu  rebus sampai mendidih. Setelah itu, minumlah air rebusan daun sirih tersebut.

7. Mengobati Asam Urat

Khasiat dari  daun sirih merah mampu mengobati asam urat. Sama halnya dengan mengatasi perut, dengan mengkonsumsi rebusan daun sirih merah secara rutin dapat meredakan nyeri otot dan melepaskan Kristal asam urat yang ada dalam tubuh. Bagi anda yang mengalami gejala tersebut, segeralah minum rebusan daun sirih ini.

8. Mengobati Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang radang selaput saluran bronkial, yang membawa udara ke dalam paru-paru. Penyakit ini biasanya ditimbulkan oleh infeksi virus pernapasan. Bagi anda yang sedang mengalami Bronkiti, jangan khawatir karena dengan meminum rebusan daun sirih merah mampu mengobati masalah saluran pernapasan bronkitis.

Khasial dari rebusan daun sirih merah satu ini bisa anda dapatkan melalui dengan merebus beberapa lembar daun sirih hingga mendidih. Setelah itu, anda dapat meminumnya dan konsumsi secara rutin.

9. Mengobati Pneumonia

Selain gejala penyakit bronkitis yang menjadi masalah saluran pernapasan lain, terdapat penyakit bernama Pneumonia yang bisa di obati dengan menggunakan rebusan daun sirih. Jadi untuk anda yang mengidap penyakit Pneumonia, tidak ada salahnya mencoba melakukan pengobatan secara herbal ini. Caranya, yaitu ambil lah 5-7 lembar daun sirih merah dan cuci, lalu rebus dan minumlah air rebusan tersebut serta konsumsi secara rutin.

10. Mengobati Jantung Koroner

Khasiat yang terkandung daun sirih mampu mengobati penyakit jantung koroner. Bagimana caranya? Yaitu haluskan beberapa lembar daun sirih dengan cara menumbutknya, lalu campurkan dengan cabai atau daun kemukus, bawang merah dan jintan. Jika telah tercampur semua, kemudian diendapkan dengan air panas. Terakhir, minumlah air tesebut dan konsumsi  secara teratur.

Baca Juga Cara Menanam Bunga Kamboja Secara Generatif dan Vegetatif

Demikian pembahasan kali ini mengenai manfaat dan Cara Menanam Sirih, semoga dapat jadi bahan referensi dan bermanfaat untuk anda semuanya. Saya ucapkan sekian dan trimakasih. Selamat mencoba!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *