Arti kata Bar bar – Bar bar merupakan bahasa gaul yang sering diucapkan oleh para gamers. Bagi anda yang sering nonton facebook gaming atau youtube, tentunya tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Bahkan untuk anda pemain game online seperti  PUBG, Free Fire, Mobile legends dan lainnya pastinya pernah melontarkan kata “bar bar” ketika permainan berlangsung. Misalnya anda berkata, “mainnya jangan terlalu bar bar ya”, “yuk bar bar mainnya”, “lu mainnya terlalu bar bar”.

Jadi apa sih arti kata bar bar sesunggunnya? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimaksudn dengan kata ‘barbar’ adalah tidak beradab, bangsa yang belum beradab (sifatnya kasar dan kejam). Dikutip dari wikipedia, orang barbar dalam bahasa Latin, yaitu barbarus, bahasa Belanda, artinya Barbaar, dan bahasa Inggris adalah Barbarian. Dapat disimpulkan bar bar merupakan manusia yang dianggap biadab atau primitif.

Menurut stereotip (pemahaman berasaskan prasangka subjektif), Istilah bar bar sering digunakan untuk suatu generalisasi (penyamarataan) yang sedang beredar luas di tengah kalangan masyarakat.

Orang bar bar dapat dikatakan sebagai seorang warga bangsa yang oleh sebagian pihak dianggap kurang beradab atau kurang tertata (contohnya di masyarakat kesukuan). Disisi lain ada juga yang mengatakan bahwa anggota dari kelompok budaya “primitif” tertentu (contoh kaum Nomad), baik di dalam maupun di luar bangsa si penilai.

Biasanya orang yang barbar sering dikagumi dan menjadi sorotan oleh banyak masyarakat. Ketika kita ngomong kasar dan nyeletuk ke teman kita atau orang lain, dalam anggapan mereka kita dinilai atau dianggap bar bar.

Berdasarkan beberapa pernyataan diatas, dapat saya simpulkan sendiri bahwa bar bar merupakan suatu kata yang diucapkan tanpa di saring terlebih dahulu atau asal ucap, sehingga berkesan tidak sopan atau tak beradap.

Arti Bar Bar dalam Berbagai Bahasa

Arti kata bar bar
  • Dalam bahasa Sanskerta (Barbara) dari zaman India Kuno bar bar dapat diartikan “gagap”, dimana hal ini  menyiratkan seorang penutur bahasa asing.
  • Dalam bahasa Yunani (barbarous) bar bar disebut juga gagap.
  • Dalam bahasa latin (balbus) bar bar, yaitu gagap
  • Dalam bahasa Ceko (blblati) bar bar yang berarti tergagap-gagap.
  • Dalam bahasa Arab, kata barbar mengandung arti meracau.

Sejarah Istilah Barbar

Istilah Bar bar berasal dari bahasa Yunani, yaitu barbaros. Kata barbarous muncul karena dibawakan oleh suku bangsa pribumi Anatolia, dimana di telinga orang Yunani Kuno terdengar bunyi (“bar… bar...”). Masyarakat Yunani, kata bar bar digunakan sebagai sebutan bagi orang-orang yang tidak berbahasa Yunani dan tidak mau melakukan amalan adat-istiadat Yunani Kuno.

Selanjutnya, di awal Zaman Modern kata bar bar sering diucapkan oleh orang Yunani Bizantin sebagai julukan untuk merendahkan masyarakat Turki. Sedangkan orang Romawi Kuno menggunakan istilah bar bar sebagai sebutan bagi orang-orang bukan Romawi (orang Jermani, Kelt, Galia, Iberia, Trakia, Iliria, Berber, Partia, dan Sarmatia).

Baca juga artikel lainnya

Arti Kata Toxic Dalam Dunia Game dan Sosial Media

Arti Kata Cepu Dalam Bahasa Indonesia dan Gaul

Sekian informasi dari arwanblogger mengenai arti kata bar bar. Semoga anda paham dengan informasinya dan berguna oleh banyak orang.

Tentang Admin

Indah Pada Waktunya

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *